Kamis, 12 Juli 2012

SISEM CERDAS DALAM DUNIA BISNIS


Penerapan Sistem Cerdas dalam Dunia Bisnis

Add caption

Dalam era ekonomi digital, organisasi bisnis harus menciptakan sebuah sistem informasi berbasis komputer yang efektif, yang bukan hanya menghasilkan informasi dengan cepat, relevan, dan reliable, tetapi juga dapat membuat informasi mengalir dengan cepat dan lancar, sehingga dapat bereaksi lebih cepat atas masalah dan peluang yang ada.
Oleh karena itu, organisasi bisnis harus menerapkan artificial intelligence, seperti Digital Nervous Systems (DNS) sebagai sebuah kebutuhan strategisnya. DNS adalah visi ideal aliran informasi yang menghubungkan semua bagian organisasi sehingga memungkinkan organisasi bertindak, memberi reaksi dan beradaptasi lebih cepat dan lebih baik.
DNS adalah visi ideal aliran informasi yang terjadi didalam organisasi dan antarorganisasi, sehingga memungkinkan organisasi bertindak, memberi reaksi dan beradaptasi lebih cepat dan lebih baik pada permintaan pasar atau pelanggan daripada pesaingnya.
Cara kerjanya sama dengan sistem syaraf manusia, dimana ia akan bereaksi dengan cepat ketika ada aksi yang terjadi. Semua bagian organisasi bisnis akan saling terhubung, sehingga informasi dapat mengalir cepat ke bagian-bagian yang membutuhkan.
Hal ini memungkinkan organisasi bergerak, merasakan, berpikir dan bertindak dengan cepat dan penuh tanggung jawab, sama seperti tubuh manusia. Sebagai akibatnya, proses bisnis dapat dipersingkat, mutu dapat ditingkatkan dan pelaksanaan dan pelayanan bisnis dapat lebih disempurnakan.
Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan apabila organisasi bisnis menerapkan DNS. Informasi dapat dengan cepat tersebar, baik yang berupa berita baik maupun berita buruk. DNS akan meningkatkan kecepatan bereaksi (reflex bisnis) organisasi bisnis yang lebih responsif.
Dengan menggunakan DNS berarti memanfaatkan internet sebagai jantung bisnis perusahaan dan menciptakan pandangan pelanggan sentris. Artinya pelanggan hanya melihat atau mendapat informasi yang relevan dengan pribadi pelanggan itu.
DNS juga menjanjikan operasi bisnis yang lebih efisien, yaitu dengan melakukan otomasi terhadap kegiatan-kegiatan rutin pada organisasi bisnis dan mengurangi penggunaan dokumen kertas (paperless).
Organisasi bisnis dapat pula mengakomidir pemikiran strategis, yaitu dengan memberikan alat kepada manajer untuk menganalisa data bisnis. DNS akan meningkatkan dan memperbaiki hubungan, baik hubungan antar karyawan, maupun hubungan dengan pelanggan dan rekanan bisnis.
Sepertinya mudah untuk menerapkan DNS dalam sebuah organisasi bisnis dalam arti fisik, seperti menyediakan peralatan komputer yang terhubung di internet, merancang intranet dan situs di internet.
Tetapi ada beberapa hal yang dapat menjadi masalah dalam menerapkan DNS, yaitu masih adanya karyawan dalam organisasi bisnis yang tidak bersedia membagikan pengetahuan dan informasi yang dimilikinya dengan alasan informasi yang dimilikinya membuat ia menjadi penting.
Atasan yang tidak bersedia jika semua karyawannya mempunyai akses langsung ke internet dengan alasan tidak produktif atau perilaku para pemimpin bisnis yang belum menerapkan keterbukaan atas kondisi perusahaan kepada bawahannya juga dapat menjadi penghambat penerapan DNS.
Organisasi bisnis juga belum merubah kultur kerja, cara berpikirnya, dan permasalahan disiplin yang juga bisa menjadi kendala dalam mengimplementasikan DNS.
Walaupun demikian kompleksnya masalah kultur dan perilaku sumber daya manusianya, hal ini janganlah dianggap sebagai sebuah hambatan besar, tetapi sebagai sebuah proses yang harus dilalui dalam menerapkan DNS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar