PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA
BAB 1 PENDAHULUAN
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang
digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun,
menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi
yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan
merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini
menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk
menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan
kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan
diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi
informasi dan teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk
kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan
rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis,
dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu
dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu,
negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat
pertukaran pikiran. Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi
memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan
berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini
sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini
sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e- seperti
e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine,
e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
EVOLUSI EKONOMI GLOBAL 1. Ekonomi Agraris, sampai dua ratus tahun yang lalu
ekonomi dunia bersifat agraris dimana salah satu ciri utamanya adalah tanah
merupakan faktor produksi yang paling dominant. 2. Ekonomi Industri , sesudah
terjadi revolusi industri, dengan ditemukannya mesin uap, ekonomi global
ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri utamanya adalah modal sebagai
faktor produksi yang paling penting. 3. Ekonomi Informasi, saat ini, manusia
cenderung menduduki tempat sentral dalam proses produksi, karena tahap ekonomi
yang sedang kita masuki ini berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan
berfokus pada informasi (information focused). Dalam hal ini telekomunikasi dan
informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology).
Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga
memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi,
distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke
dalam Masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering
disebut sebagai masyarakat pasca industri. Apapun namanya, dalam era informasi,
jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor dalam hubungan antar
manusia atau antar lembaga usaha, sehingga jagad ini menjadi suatu dusun
semesta atau “Global village”. Sehingga sering kita dengar istilah “jarak sudah
mati” atau “distance is dead”, yang makin lama makin nyata kebenarannya. Dalam
kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi
merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini,
maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
BAB 2 PERKEMBANGAN, IMPLIKASI, DAN
PEMANFAATAN TI DAN TK DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA
PERKEMBANGAN TI DAN TK DI INDONESIA
• Teknologi Siaran Sejak PELITA I teknologi
berupa siaran radio dan televisi telah diprogramkan. Memang sarana dan
prasarana pada waktu itu belum ada atau belum memadai, namun dengan
perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan
pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok
tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang
kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi
siaran lokal. • Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia
telah memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem
satelit komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia,
karena keadaan dan letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem
ini adalah untuk keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan,
bisnis, pertahanan keamanan, dan perindustrian. • Komputer Perkembangan
perangkat keras komputer berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang
semakin besar, kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun
yang lalu microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan
perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar
(nano) detik. Komputer meja atau personal computer saat ini sudah tidak
dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan yang
esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu
kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan komputer. • Teknologi Video
(Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video sejalan dengan perkembangan
komunikasi dan komputer, meskipun orientasi utamanya adalah untuk keperluan
hiburan. PERKEMBANGAN TI DAN TK MENURUT RAMALAN PARA AHLI Dari dulu sejak
sebelum maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan dan dalam bidang
pendidikan pada khususnya, para ahli telah mengungkapkan ramalannya tentang
penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa ramalan para ahli
tersebut. “Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia
pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang
lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis
proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal
tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy),” yang
secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan. Bishop G. (1989) meramalkan bahwa
pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat
diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia,
maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R. (1994) berpendapat bahwa
pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang
memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. Tony Bates
(1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan
bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti
yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Alisjahbana I.
(1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya akan
bersifat “Saat itu juga (Just on Time). Teknik pengajaran baru akan bersifat
dua arah, kolaboratif, dan inter-disipliner. Romiszowski & Mason (1996)
memprediksi penggunaan “Computer-based Multimedia Communication (CMC). Dari
ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan
masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat
terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada
produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif.
PERKEMBANGAN DAN IMPLIKASI TI DAN TI DALAM
PENDIDIKAN DI INDONESIA Kecenderungan perkembangan dan implikasi dunia
pendidikan di Indonesia
di masa mendatang adalah: 1. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus
belajar jarak jauh (Distance Learning). 2. Sharing resource bersama antar
lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan. 3. Penggunaan perangkat
teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan
secara bertahap menggantikan TV dan Video. DISTANCE LEARNING Dengan adanya
perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini
sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media
internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai
mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan
berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat
dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap
masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya. Namun
demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi
antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak.
Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi
langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real
time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan
buletin board. Dengan cara di atas interaksi dosen dan mahasiswa di kelas
mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis
dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti
materi dosen dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh
siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula
dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat
diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung
dengan metode pembayaran online. Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web
antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut: (1) Pusat kegiatan siswa;
sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan
sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah
kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya. (2)
Interaksi dalam grup; Para mahasiswa dapat
berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan
dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan
tentang materi yang diberikannya. (3) Sistem administrasi mahasiswa; dimana
para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi
mahasiswa dan sebagainya. (4) Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen
sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari
apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini
juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning (5) Perpustakaan
digital; Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak
terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan
sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database. (6)
Materi online diluar materi kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan
juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa
dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan
kepada mahasiswa lainnya melalui web.
CONTOH LAIN PEMANFAATAN ATAS PERKEMBANGAN TI DAN
TK UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA • Perpustakaan elektronik (e-library) Revolusi
teknologi informasi tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga
membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan
arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan
mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam
berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke
internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan
menjadi tidak terbatas • Surat
elektronik (e-mail) Dengan aplikasi e-mail, seorang guru, orang tua, pengelola,
dan siswa dapat dengan mudah saling berhubungan. Pihak sekolah dapat membuat
laporan perkembangan siswa dan prestasi belajar baik diminta orang tua atau pun
tidak. Dalam kegiatan belajar diluar sekolah, siswa yang menghadapai kesulitam
materi pelajaran dapat bertanya lewat e-mail kepada pihak sekolah atau guru
bidang studi. Demikian pula untuk guru yang berhalangan hadir dapat memberikan
tugas via e-mail kepada siswa. • Ensiklopedia Sebagian perusahaan yang
menjalankan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD-ROM
untuk menampung ensiklopedia sehingga duharapkan ensiklopedia di masa mendatang
tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tetapi juga video dan audio. •
Jurnal atau majalah ilmiah Salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan Indonesia
adalah kurangny akses informasi ke jurnal atau majalah ilmiah yang berada di
internet sehingga memudahkan bagi para siswa untuk mengakses informasi ilmiah
terkahir yang ada di seluruh dunia. • Pengembangan homepage dan sistim
distribusi bahan belajar secara elektronik (digital) Sistem pembelajaran
melalui homepage dapat dikembangkan dalam bentuk sekolah maya (virtual school)
sehingga semua kegiatan pembelajaran mulai dari akses bahan belajar, penilaian,
dan kegiatan administrasi pendukung dapat secara online selama 24 jam. • Video
teleconference Keberadaan teknologi informasi video teleconference memungkinkan
bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan berhubungan satu
dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan saranan untuk
diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan belajar
mengajar yang bersifat social. Disamping itu dapat pula untuk pengamatan proses
eksperimen dari seorang guru.
BAB 3 KESIMPULAN
Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era
indormasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Di era informasi ini, TI
dan TK memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology).
Perkembangan TI dan TK dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai
kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, termasuk dalam
dunia pendidikan. Dengan perkembangan TI dan TK yang sangat pesat ini, mau
tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi
dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia.
Perkembangan TI dan TK memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan
yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti
penggunaan e-learning, e-library, e-education, e-mail, e-laboratory, dan
lainnya. Seperti ramalan dan pandangan para cendikiawan tentang pendidikan di
masa depan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa
mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner,
serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif. Dalam
kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan
sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia
akan menjadi pemimpin dalam dunianya.
How to make money - Making money - Work-to-Earn
BalasHapusThe process of making money is very simple, and not difficult. Most betting 바카라 sites let you choose your favorite sports and หาเงินออนไลน์ bet 샌즈카지노